A. Jadwal Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

Jadwal Pendaftaran dan Pemberkasan Per Jalur

  • SNMPTN – SPAN-PTKIN
Pendaftaran 16 Juni – 01 Juli 2022
Pemberkasan via POS dan SCAN 16 Juni – 01 Juli 2022
  • SBMPTN – UM-PTKIN 
Pendaftaran 20 Juli – 05 Agustus 2022
Pemberkasan via POS dan SCAN 20 Juli – 05 Agustus 2022
  • SMM PTN-Barat  – SPMB Mandiri        
Pendaftaran 08 Agustus – 26 Agustus 2022
Pemberkasan via POS dan SCAN 08 Agustus – 26 Agustus 2022

B. Persyaratan

Persyaratan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah

  1. Sudah terdaftar sebagai mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tahun Akademik 2022/2023;
  2. Memiliki salah satu kartu program bantuan nasional dalam bentuk
    • Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau
    • Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau
    • Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk Program Keluarga Harapan (PKH)
  3. Bagi mahasiswa yang tidak tergolong dalam kategori b, tetap bisa mendaftar beasiswa KIP Kuliah dibuktikan dengan pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal sebesar Rp4.000.000,00 (empat juta rupiah) per bulan atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah) per bulan dibuktikan dengan mengisi form surat keterangan yang ditandatangani dan disahkan oleh pemerintah setempat dan memiliki UKT 1,2 dan 3.
  4. Mahasiswa yang terdampak Covid-19 dikarenakan status orang tua/wali, meninggal dunia dan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK);
  5. Mahasiswa difabel yang mengalami cacat bawaan/akibat kecelakaan dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan sekolah asal;
  6. Melakukan pendaftaran daring (online) pada laman http://spmb.uinjkt.ac.id ;

C. Persyaratan Berkas Beasiswa KIP Kuliah

1. Bagi mahasiswa yang memiliki Kartu KIP, KJP atau KKS

No Berkas yang di Upload No Berkas Asli
1 Cetak bukti pendaftaran daring (online) ditandatangani; 1 Menandatangani Pakta Integritas; template form dapat download disini
2 Formulir pendaftaran yang telah dicetak dari laman pendaftaran daring (online) dibubuhi materai 10.000 dan ditandatangani; 2 Surat keterangan atau pernyataan tidak sedang menerima beasiswa manapun dibubuhi materai 10.000. template form dapat download disini
3 Pas foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar;
4 Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau Kartu Jakarta Pintar (KJP) atau Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) untuk Program Keluarga Harapan (PKH);
5 Kartu identitas (KTP, SIM, passport);
6 Kartu Keluarga (KK) dilegalisir Lurah/Kepala Desa;
7 Ijazah SLTA/sederajat dilegalisir atau surat keterangan lulus (SKL) asli;
8 Fotokopi raport SLTA/sederajat semester I (satu) s.d. VI (enam) dilegalisir atau cetak IPK ditandatangani pejabat berwenang dan distempel;
9 Bukti prestasi akademik atau peringkat 10 besar di kelas, berupa fotokopi surat keterangan, piagam atau sertifikat dilegalisir jika ada;
10 Bukti prestasi non akademik bidang olah raga, seni, dan sejenisnya, berupa fotokopi piagam/sertifikat dilegalisir oleh sekolah jika ada;
11 Bukti asli slip pembayaran daftar ulang UKT awal.

2.Bagi mahasiswa yang tergolong kelompok UKT 1, 2 dan 3

No Berkas yang di Upload No Berkas Asli
1 Cetak bukti pendaftaran daring (online) ditandatangani; 1 Menandatangani Pakta Integritas; template form dapat download disini
2 Formulir pendaftaran yang telah dicetak dari laman pendaftaran daring (online) dibubuhi materai 10.000 dan ditandatangani; 2 Surat keterangan atau pernyataan tidak sedang menerima beasiswa manapun dibubuhi materai 10.000; template form dapat download disini
3 Pas foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar 3 Surat keterangan tidak mampu (SKTM) asli dari kelurahan/desa yang diterbitkan minimal dua bulan terakhir;
4 Fotokopi kartu identitas (KTP, SIM, passport) 4 Slip/bukti gaji orang tua asli dua bulan terakhir atau surat keterangan asli dari kelurahan/desa serta.template form dapat download disini
5 Fotokopi Kartu Keluarga (KK) dilegalisir Lurah/Kepala Desa;
6 Bukti kelompok pembayaran UKT 1, 2 atau 3;
7 Bukti pembayaran listrik asli dua bulan terakhir atau surat keterangan asli dari RT atau RW;
8 Cetak foto rumah/tempat tinggal tampak depan, belakang, samping, dapur dan kamar mandi;
9 Ijazah SLTA/sederajat dilegalisir atau surat keterangan lulus (SKL) asli;
10 Raport SLTA/sederajat semester I (satu) s.d. VI (enam) dilegalisir ditandatangani pejabat berwenang dan distempel;
11 Bukti prestasi akademik atau peringkat 10 besar di kelas, berupa fotokopi surat keterangan, piagam atau sertifikat dilegalisir jika ada;
12 Bukti prestasi non akademik bidang olah raga, seni, dan sejenisnya, berupa fotokopi piagam/sertifikat dilegalisir oleh sekolah jika ada;
13 Bukti asli slip pembayaran daftar ulang UKT awal.

3.Bagi mahasiswa yang terdampak Covid-19

No Berkas yang di Upload No Berkas Asli
1 Cetak bukti pendaftaran daring (online) ditandatangani; 1 Orang tua/wali meninggal dunia dibuktikan dengan surat keterangan kematian karena covid-19 dari rumah sakit atau pemerintah setempat dengan ditandatangani oleh pejabat berwenang dan dibubuhi stempel basah;
2 Formulir pendaftaran yang telah dicetak dari laman pendaftaran daring (online) dibubuhi materai 10.000 dan ditandatangani; 2 Orang tua/wali mendapat pemutusan hubungan kerja dibuktikan dengan surat keterangan PHK karena Covid-19 dari perusahaan atau tempat kerja dengan ditandatangani oleh pejabat berwenang dan dibubuhi stempel basah;
3 Pas foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar; 3 Menandatangani Pakta Integritas; template form dapat download disini
4 Kartu identitas (KTP, SIM, passport); 4 Surat keterangan atau pernyataan tidak sedang menerima beasiswa manapun dibubuhi materai 10.000. template form dapat download disini
5 Kartu Keluarga (KK) dilegalisir Lurah/Kepala Desa;
6 Ijazah SLTA/sederajat dilegalisir atau surat keterangan lulus (SKL) asli;
7 Fotokopi raport SLTA/sederajat semester I (satu) s.d. VI (enam) dilegalisir atau cetak IPK ditandatangani pejabat berwenang dan distempel;
8 Bukti prestasi akademik atau peringkat 10 besar di kelas, berupa fotokopi surat keterangan, piagam atau sertifikat dilegalisir jika ada;
9 Bukti prestasi non akademik bidang olah raga, seni, dan sejenisnya, berupa fotokopi piagam/sertifikat dilegalisir oleh sekolah jika ada;
10 Bukti asli slip pembayaran daftar ulang UKT awal.

4.Bagi mahasiswa difable yang mengalami cacat bawaan/akibat kecelakaan

No Berkas yang di Upload No Berkas Asli
1 Cetak bukti pendaftaran daring (online) ditandatangani; 1 Surat keterangan dari pimpinan sekolah asal;
2 Formulir pendaftaran yang telah dicetak dari laman pendaftaran daring (online) dibubuhi materai 10.000 dan ditandatangani; 2 Menandatangani Pakta Integritas; template form dapat download disini
3 Pas foto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar; 3 Surat keterangan atau pernyataan tidak sedang menerima beasiswa manapun dibubuhi materai 10.000. template form dapat download disini
4 Kartu identitas (KTP, SIM, passport);
5 Kartu Keluarga (KK) dilegalisir Lurah/Kepala Desa;
6 Ijazah SLTA/sederajat dilegalisir atau surat keterangan lulus (SKL) asli;
7 Fotokopi raport SLTA/sederajat semester I (satu) s.d. VI (enam) dilegalisir atau cetak IPK ditandatangani pejabat berwenang dan distempel;
8 Bukti prestasi akademik atau peringkat 10 besar di kelas, berupa fotokopi surat keterangan, piagam atau sertifikat dilegalisir jika ada;
9 Bukti prestasi non akademik bidang olah raga, seni, dan sejenisnya, berupa fotokopi piagam/sertifikat dilegalisir oleh sekolah jika ada;
10 Bukti asli slip pembayaran daftar ulang UKT awal.

D. Pendaftar menyerahkan berkas melalui CAP POS dan SCAN FILE:

Cara Penyerahan Berkas

Berkas Cukup di Scan dan di Upload di web, tetapi tetap ada beberapa berkas yang asli yang harus dikirim via jasa kirim atau langsung ke bagian Kemahasiswaan dan alumni

    • Berkas Upload (File Scan) dijadikan 1

File yang di Scan diberikan nama : Fakultas_NIM_Nama

Contoh : FITK _11210110000***_Januar Aritian

Pada spmb.uinjkt.ac.id terdapat kolom UPLOAD BERKAS silahkah Upload berkas disana

    • Berkas Asli

Dikirim Melalui pos (atau jasa antar lain) dengan CAP POS, dengan alamat :

Sub Bagian Administrasi Kemahasiswaan, Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Gedung Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Indonesia Kode Pos 15412 No Tlpn (021) 740 1925 Ekstensi 1841

Pendaftaran dapat diakses di laman berikut ini:

https://spmb.uinjkt.ac.id/spmbv2/public/login_beasiswa.zul

Information Center

Email : beasiswa@uinjkt.ac.id
Telepon : 021 – 7401925 ext. 1841
Instagram : kmhs_uinjkt
Website : www.kemahasiswaan.uinjkt.ac.id