Kemahasiswaan, Berita Online – Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Prof Husain Syam menerima Kunjungan Benchmarking UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang dipimpin Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Prof Masri Mansoer, di Menara Pinisi Kampus UNM Gunungsari, Jl AP Pettarani, Makassar, Selasa, 18 Juni 2019.

Dalam pertemuan tersebut, kedua kampus besar ini membicarakan sejumlah hal terkait strategi peningkatan pengembangan universitas dengan cara memperkokoh pelaksanaan akademik, pengembangan karier, dan kontribusi alumni, serta sejumlah hal lainnya.

“Ini pembelajaran luar biasa bagi kita semua. Sebenarnya ini bukan benchmarking dari UIN Syarif Hidayatullah, UNM juga sedang belajar dan mengambil teladan, apalagi alumni UIN Syarif hidayatullah tersebar dan memiliki posisi penting di negara ini,” kata Husain.

Mantan Dekan Fakultas Teknik UNM itu kemudian menjelaskan sejumlah progres pengembangan kampus yang memiliki sejumlah prestasi dalam tiga tahun terakhir ini.

Husain mengatakan, UNM dinilai dapat berakselerasi dengan baik dalam menghadapi tantangan, sebagai kampus terbaik ke-20 dalam pemeringkatan Kemenristekdikti, dan peringkat kedua dalam bidang sumber daya manusia (SDM) kampus terbaik di seluruh Indonesia, sehingga mempertegas andil besar UNM dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Dia juga menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas kehadiran rombongan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Baginya, agenda benchmarking pengelolaan alumni menjadi penting karena kedua kampus ini dapat saling mengisi dan belajar bersama.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah, Masri Mansoer menyampaikan, pihaknya sengaja melakukan kunjungan ke berbagai kampus di kawasan timur Indonesia, salah satunya karena ingin mengetahui dan mendapatkan pengetahuan baru terkait pengelolaan alumni dan kampus di wilayah ini.

“Selama ini asumsi yang berkembang, hanya di Jakarta tempat belajar, tetapi rupanya kita bisa menemukan kenyataan-kenyataan yang berbeda di daerah, dan bisa menjadi input bagi kami,” kata Masri.

Dalam pertemuan tersebut, Huisan Syam didampingi Wakil Rektor Bidang Akademik Prof Muharram, Wakil Rektor Bidang kerjasama Prof Gufran, Wakil Rektor Bidang Kamahasiswaan Dr Arifuddin Usman, serta beberapa ketua lembaga lingkup UNM, sementara Masri Mansoer didampingi beberapa dosen dan staf UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (sumber : www.pedomankarya.co.id – UNM Makkasar)